Momen Bersejarah di Final

Juventus & Real Madrid

Courtesy of UEFA Official

Courtesy of UEFA Official

Final 1985 (Gelar ke-1)

Mungkin bukan laga yang ingin diingat oleh supporter kedua klub karena lebih dikenang dengan tragedi Helsinkinya yang menewaskan 39 orang. Pada awalnya laga ini sempat diusulkan untuk ditunda, tetapi usul ditolak karena konflik antar supporter Juventus dan Liverpool dianggap hanya akan terulang di laga tunda. Juve sendiri berhasil mengangkat trofi UCL pertama mereka lewat gol tunggal Michel Platini.

Final 1996 (Gelar ke-2)

Meneruskan keperkasaan tim Italia yang sedang dalam masa kejayaan di pentas Eropa, Juve mewarisi tongkat estafet dari Milan dengan membawa nama Italia di Final UCL untuk keempat kali secara beruntun. Di laga ini sendiri Juve menang adu penalti dari Ajax.

Courtesy of Youtube by UEFA Officials © UEFA

Final 1956 (Gelar ke-1)


Masih bernama Piala Eropa, ini merupakan pertama kalinya turnamen antar klub Eropa digelar. Sempat tertinggal 2 gol dari Stade de Reims yang menjadi lawannya, Madrid mampu menyamakan kedudukan lewat aksi Alfredo Di Stefano sebelum sekali lagi tertinggal dari wakil Prancis. Lewat gol dari Hector Rial dan Marcos Marquitos Alonso dalam rentang 8 menit akhirnya Madrid mampu membawa pulang trofi Eropa pertama mereka.

Final 1958 (Gelar ke-3)


Bersua dengan Milan setelah sama-sama tampil beringas sepanjang berlangsungnya kompetisi ini, kedua klub masih diperkuat legenda macam Di Stefano dan Cesare Maldini. Laga berlangsung dengan ketat sebelum Milan membuka skor terlebih dahulu di babak kedua lewat Juan Schiaffino. Pada menit 74-79 tercipta 3 gol dari kedua klub ini, 1 untuk Milan dan 2 dari Madrid sehingga kedudukan jadi sama kuat. Madrid keluar sebagai pemenang setelah Francisco Gento mencetak gol pembalik keadaan di waktu tambahan. Hal menarik dari laga ini adalah penyerahan medali juara yang diserahkan oleh Aktor legendaris Amerika, Warren Beatty yang saat itu masih berusia 17.

Final 1998 (Gelar ke-8)


Menaklukkan Juve lewat gol tunggal Predrag Mijatovic, Madrid berhasil membawa pulang si kuping besar ke Bernabeu setelah puasa gelar di pentas tertinggi Eropa selama 32 tahun.

Courtesy of UEFA Official

Final 2002 (Gelar ke-9)


Gol Zidane pada menit ke-45 mengubah kedudukan menjadi 2-1 sekaligus menjadi gol terakhir di laga itu yang memastikan Madrid menjuarai UCL untuk ke-9 kalinya. Tendangan voli kaki kiri sang maestro Prancis selalu dikenang sebagai salah satu gol terbaik di sejarah Liga Champions.

Final 2014 (Gelar ke-10)


Memasuki final setelah absen sekian lama, si putih datang dengan motivasi untuk mengangkat La Decima yang menjadi impian Madridista. Bertemu dengan rival sekota, Atletico Madrid justru mampu memimpin terlebih dahulu lewat gol dari Diego Godin, keadaan makin sulit bagi Madrid akibat rapatnya pertahanan Atletico. Pada injury time, sundulan Ramos berhasil memaksakan perpanjangan waktu dimana Madrid berpesta 3 gol tambahan ke gawang Courtois, La Orejona pun hadir ke Santiago Bernabeu sekaligus menjadikan Madrid klub pertama dengan 2 digit gelar di Liga Champions.

Courtesy of UEFA Official

Final 2016 (Gelar ke-11)


Terseok di awal musim, Madrid justru sukses memenangkan UCL untuk kali ke-11. Dalam pertemuan kali kedua antara 2 klub Madrid di final UCL, Madrid keluar sebagai pemenang setelah melewati drama adu penalti. Zidane pun masuk ke jajaran orang yang berhasil memenangkan UCL sebagai pemain dan pelatih, walaupun pada musim itu diangkat secara mendadak menggantikan Benitez.




PRODUSER

Christoforus Ristianto


CREATIVE & DEVELOPER

Jeremias Rama

Rachel Ariella


PENULIS

Rafael Ryandika

Gilang Fajar

Ridi F Khan

Naufal A. Suprapto


IT

Kevin Alexander



© 2017 ULTIMAGZ